Hope Is a Dream that Never Sleep :”)

Berawal dari pertengahan bulan january lalu,gue sempet baca brosur President University di mading sekolah. Dan hal pertama yang terlintas di pikiran gue adalah President University,engga mungkinlah masuk sana. Universitas dengan rangking 1 termahal di indonesia. Big NO. Ga mungkin banget. Tapi dibalik engga mungkin itu,ada sedikit ‘keinginan’ di hati paling dalem buat bisa kuliah disana,terutama setelah baca kalo bahasa pengantarnya itu bahasa inggris. Ngebayanginnya aja udah excited parahhh. But still,big NO for the cost. Walaupun all the tomorrow’s leaders come together there,but with that cost,i have no choice,at all.

Trus hari-hari selanjutnya berlangsung kaya biasa,sampe tiba-tiba anak kelas ada yang ngomongin masalah pendaftaran universitas di Line Group kelas,dan gue yang “Universitas apa?memangnya udah buka?laahh..” begitu tak tentu arah,akhirnya gue dikasih tau kalo mereka mau ikut tes beasiswa President University dan gue kembali yang “What..” tapi malah bilang kalo mau juga ikutan. Akhirnya gue tanyain ke mereka gimana-gimananya,apa aja yang harus gue lakuin buat bisa ikut,trus baca-baca syarat dan ketentuan,akhirnya entah kapan itu,gue daftar via online di web Presuniv. Tes diadain di hotel Lido Graha,Minggu,2 Feb 2014.

Gue pilih Major International Relation. Mimpi yang bahkan ga berani gue sentuh. Ini beneran mimpi yang bahkan gue sendiri takut. Sebelumnya gue pernah nulis di blog ini kalo gue udah hampir nyerah sama HI karena gue anak IPA,dan buat bisa masuk HI di UI atau UGM lewat snmptn udah pasti 0% dan kalo ikut sbmptn,gue sendiri pesimis karena passinggradenya yang luar biasa.

Dan untuk major itu,gue harus ikutin 3 tes. business Mathematic,English,Psychotest. Semuanya pake bahasa inggris.

Setelah daftar,gue masih yang santai-santai aja,engga belajar sama sekali. Beberapa temen gue juga ada yang nambah buat ikutan,trus bareng mereka lah akhirnya gue bertekat kalo ini untung-untung berhadiah. Iseng-iseng aja mumpung gratis. Jadilah..gue kaya engga ada persiapan sama sekali padahal waktu itu udah tinggal seminggu sebelum tes.

Trus besoknya,temen gue ada yang dapet kabar dari kakak kelas yang dapet beasiswa 2 di Presuniv,kalo soalnya engga susah. Besoknya lagi,temen gue bilang kalo dia udah coba liat soal tryoutnya di web,sedangkan gue masih yang santai aja loncat-loncat dikelas,ngobek-ngobek tanpa tau sama sekali gimana model soalnya. Tapi,entah kenapa..makin deket hari tes,makin jadi niat buat masuk sana. Apalagi ada kategori beasiswa full,walaupun gue ga berani mupuk harapan terlalu tinggi sih.Dan malemnya gue coba cek soal di web,malah gue print. Gue coba tes jawab soal di web,dan hasil tryoutnya jelek-jelek. Jauuuuhhh banget dari nilai 80 yang merupakan nilai minimal buat bisa dapet beasiswa full. Ga peduli berapa kalipun gue coba,tetep nilainya belum pernah di atas 7. Luar biasa. Padahal soalnya engga terlalu susah sih,gue akuin. Tapi engga terlalu susah itu bukan berarti mudah. Gue ngerti sama soal,tapi ga ngerti cara jawab. Useless.

Berhubung gue bimbel,gue coba deh akhirnya 3 hari sebelum tes buat diskusiin soal-soal matematika bisnis,dan ada ekonominya juga sedikit. Dan makin kesana,niat buat masuk Presuniv makin gede aja. Sampe ke perasaan takut kecewa kalo gagal. Gue bener-bener berharap bisa lewat dan bisa nyicipin gimana kuliah di universitas level internasional sekelas Presuniv. Dan memang akhirnya,gue terdorong ke harapan yang teramat besar buat bisa lewat.

Kemudian hari sabtu kalo engga salah,pihak Presuniv bikin sosialisasi ke sekolah. Dan itu sehari sebelum tes. Mendadak,mepet,but because i’ve registered jadi ya udah. Dan lagi,setelah sosialisasi dan denger gimana kerennya kuliah disana,harapan yang awalnya udah hampir 80%,jadi langsung naik ke 100% atau bahkan,10000% ? bener-bener luar biasa pengen. Dan saat itulah,gue mulai panik gimana kalo soalnya ga kejawab pfttt

Minggu,2 Feb 2014.

Tes dimulai jam 13.00-17.00

Sekitar setengah satu siang,gue udah sampe di hotel Lido Graha,mutar-mutar buat cari anak kelas dan akhirnya ketemu. Dan ternyata jadwal tes molor karena mungkin nungguin yang muslim selesai sholat dzuhur dulu. Gue lupa jam berapa tesnya dimulai,tapi sebelum mulai,kakak ganteng yang sosialisasiin Presuniv kesekolah nampilin presentasi tentang Presuniv terlebih dahulu. Dan niat buat bisa masuk sana pun makin tinggi.

Begitu dibagi soal tes,soal bahasa inggris menurut gue inyaallah mudah. Basic. But i think that’s what they want to see from the student. Their basic akademic’s skill. Karena orang pinter itu bisa dibentuk. Pinter itu bukan sifat,tapi proses. Seseorang pinter bukan karena dia pinter,tapi karena proses yang dia jalanin buat bisa jadi pinter #EAAA #Ngomongapa

Kemudian matematika bisnis. Tingkat kesulitan standar,tapi ga mudah. I mean,semua soalnya adalah soal yang udah pernah dipelajari di SMA,tapi LUPA gimana cara kerjainnya. Ga ada yang lebih sakit daripada tau,tapi lupa. Dan waktu juga lumayan,tapi ga banyak. Jadilah gue tinggalin dulu matematika dan beralih ke psikotes yang WAW. Asik abisss walaupun soalnya ngejebak,terlebih karena bahasa inggris,but that literally fun. Gue seneng ngerjainnya lol but ya akhirnya matematika isi semua walaupun ada beberapa soal yang terpaksa ditebak karena lupa cara. Dan fyi,selama ngerjain soal dua temen super gila yang duduk disebelah kanan gue malah nyanyi. Sampe abis beberapa lagu. Lawak abiss. Katanya sih buat ngilangin bosan HAHAHAHAH ga akan pernah lupa sama kejadian ini :)))))

Lalu,,katanya hasil bakalan keluar di web dalam kurun waktu kurang dari 2 minggu. Fyuuuhhh.

Hari berganti hati,akhirnya berganti minggu juga dan TEPAT hari selasa kemarin,tanggal 11 februari 2014,tiba-tiba begitu gue sampe rumah jam setengah 7 sore abis pulang sekolah,gue ngebaca timeline twitter dan nemuin seorang temen yang ikut tes beasiswa Presuniv ngupdet semacam kaget ga percaya. But sounds like a good news. Jantung gue langsung collapse. Feeling langsung ke pengumuman tes karena memang udah ga sabar banget nunggunya. Tapi karena laper ya gue makan dulu,tapi tiba-tiba temen lain yang ikut tes juga bilang di grup line kalo mereka lulus Beasiswa 2. Gue langsung makin panik dan lari kekamar buat idupin laptop. Untuk pertama kalinya,laptop gue lama banget hidup. Entah karena waktu yang kaya berhenti,atau jantung gue yang udah maraton. Super panik. Begitu idup,langsung search web Presuniv dan log in.

Trus gue klik acceptance letter

dan keluar ini

PU1

 

GUE DAPET BEASISWA FULL. KATEGORI 1.

Thanks God,i can never believe it. Gue sampe baca berulang-ulang,takut salah baca. Tapi kertasnya tetep kaya gitu,gue ga salah baca :”) Alhamdulillah..ya Allah,bener-bener bersyukur.

Gue langsung loncat-loncat,trus kasih tau orangtua dan mereka bangga banget :”) Ga ada yang lebih bahagia daripada liat orangtua bangga :”)))

Selamat buat semua anak kelas yang lulus Presuniv,you’re the besttttttt ever!! :)))

International Relation. President University. Semua mimpi yang sebelumnya terlalu fana,terlalu jauh,terlalu diluar jangkauan bagi gue,ternyata bisa gue gapai,bahkan lebih dari yang gue harapin. Allah tau yang terbaik. Jalan yang udah dipilihin sama Allah,insyaallah gue ga akan lepasin ini.  Setidaknya,anak tangga buat langkah pertama dari tangga yang harus gue naikin udah ada. Tinggal berdoa dan ikhtiar kedepannya.

Makasih buat semua yang udah ngedoain,terutama buat CIA 3 IPA 1. Malaikat-malaikat gue,bagian terpenting di hidup gue,kesayangan gue. Semoga anak kelas bisa masuk universitas favorite semua,amin :”))

Semoga nisa juga bisa masuk universitas favoritnya,amin :”))

42 thoughts on “Hope Is a Dream that Never Sleep :”)

  1. hi
    i’m just a random stanger who ‘accidentally’ came here because of your 10080 fanfic review. well, i just want to say congrats, you’re so damn cool to have that scholarship!!

  2. HELO..apa yang kamu jabarin diatas hampir sama dengan apa yang aku rasain😀.wahaha.. menarik juga, bisa nemu postingan begini..
    , aku juga ikut tes presuniv nya januari kemarin, aku pilihnya management. tapi cuman bisa bea 2 ;’).
    nama kamu siapa, dari kota mana. aku glori dari kalimantan barat. salam kenal.😀
    maybe we can meet one day~

  3. Hai, congrats yah.. Btw kamu ambil beasiswanya?? Aku kanella dari bali. Dapet beasiswa presuniv juga🙂. Salam kenal yah😀

  4. kak, biaya sehari” bagi yg tnggal d PU student housing brapa? soal ny bnyak yg blang d sna kelas elit smua, sehari bsa hbis 200-500rb kta ny.. tlong d jelasin ya kak

    • wahh yang bilang siapa?haha engga kok engga,tenang aja. Itu tergantung gaya hidup kamu dan temen-temen kamu. Kalo buat makan sehari-hari standarnya sehari 50rban,tapi kalo mau lebih hemat lagi juga bisa soalnya disini ada warung murah meriah yang sekali makan cuma 10-15rb,udah menu komplit dan enak.

      Kalo kamu bisa manage duit,di akhir bulan bisa tetep survive kok dengan sisa recehan dompet wkwk

  5. congrats yaaa. aku juga alhamdullilah dapet beasiswa walaupun cuma kategori 4. tapi lumayan buat ngurangin beban ortu. Aku ngambil major accounting.

  6. hai mau nanya ya kak. soal soal yang kak ambil dari internet itu soal yang gimana ya kak? boleh bagi gak kak?? dan apa aja sih yang perlu aku pelajari kak?? makasi kak:)

    • Nyoba soalnya di web,soal tryout. Kalo kamu udah registrasi buat ikut tes,nanti kamu baka bisa log in ke akun Presuniv,disana ada banyak pilihan soal tryout sesuai major yang kamu ambil. Yang kamu perlu pelajari ya semua pelajaran yang bakal di tes di major kamu,dan kebanyakan soalnya basic kok jd inget-inget pelajar SMA aja. Kadang soal gampang kalo kurang latian,ga bakal ke jawab juga. Semangat yaa🙂

  7. kak, mau nanya. kebetulan aku dapat beasiswa kategori 2. apa di pu bisa ngurus beasiswa dari yg lain kayak sponsor gitu? soalnya kalo yg kategori 2 msh tergolong mahal, jadi msh ragu daftar ulang atau enggak. dan juga, apa biaya deposit cuma dibayar sekali aja selama kuliah di pu atau perbulan sekalian sama student housingnya? ditunggu jawabannya. makasih🙂

    • Kalo untuk beasiswa lain, itu diluar PU jd kamu bisa urus sendiri. Kalo dari PUnya engga ada. Deposit cuma sekali aja kok bayarnya, itu deposit buat student housing🙂

  8. kak, ini riska yang dulu ikut kelas debat SMA 1 Lhokseumawe sama kakak. riska dapat beasiswa kategori 1,mau tanya tentang biaya yg perlu di bayar selain matrikulasi,student housing sama deposit ada gak? terus kalo IP kurang dari 3 gimana kak? makasih🙂

    • heyyy riskaa. Congratssss! student housing bayar, deposit 1jt dan itu sekali aja dibayarnya, pas masuk doang. Kalo masalah IP, itungannya itu kumulatif, jd rata2 untuk 3 semester ga boleh di bawah 3. kalo kurang dari 3 nanti ada peraturannya kok. Kamu punya line? add kakak aja : mitalistyaa yahhhh🙂

  9. Haloo.. saya elisa dari lampung.. sy dapet beasiswa kategori 4 nih, mau sy claim tp nnti habis transfer ,kita konfirmasinya gimana ya?mau claim lgsg tp kan jauh huhu

    • Hai juga elisa. Untuk claim, ketentuannya ada di acceptance letter kok. Bisa kirim via teller trus buktinya di fax, nanti bakal langsung di kirim bukti pembayaran dari PUnya🙂

  10. Hai ka, aku mau nanya, rencananya thn ini aku mau ikut test di PU. apa di PU ada test wawancaranya gitu? soalnya waktu daftar online ada tulisan ortu sangat diharapkan datang. itu kira2 untuk apa ya ka ortunya diharapkan datang?

    • Kamu ikut tes yang mana?kalo yg beasiswa, ga ada interview. Orang tua datang waktu ngurusin enrollment aja sama bicarain biaya. Kalo tes masuk reguler, aku kurang tau tuh..

  11. ka pengen nanya. kelemahan presuniv sejauh ini apa kak? kalo keunggulannya gak usah ditanya lagi deh kan sudah banyak sekali. lalu perincian keuangannya gimana sih? apakah kita harus membayar asrama walaupun kita mendapat beasiswa? let’s say aku dpt beasiswa 2 yg ttp masih hrs bayar 9juta per smt. nah itu tuh gimana ya kak:) thanks in advance

    • Kalo keuangan, rinciannya sebenernya udah ada di acceptance later. Dan kamu di biayain kuliahnya aja, untuk akomodasi semuanya tanggung sendiri, jadi biaya dormitori bayar sendiri. Kalo kelemahan, mahal? lol

  12. Kak, susah gak buat dapetin ip nya 3, karena kan kalo ip dibawah 3 kan beasiswanya jadi hilang ya, alias bayar, soalnya takutnya aku jatuhnya mahal biayanya..

    • Hi Fifi..
      Umm.. kalo dibilang susah sih sebenernya engga. Hasil itu pasti selalu sesuai sama usaha. Kalo kamunya usaha, rajib belajar, aktif di kelas dan ga pernah bolos, ip minimal 3 itu bisa kok dipertahanin sampe lulus. Anggaplah ancaman beasiswa ditarik itu jadi motivasi buat kamu ^^

  13. Ka aku mau tanya, aku daftar pu dan dpet beasiswa 2, trus denyer2 kalau tiap 2 semester ada pengecekan dan kalau prestasi menurun, harus bayar 50% uang semester, itu bener ga ka ? Trus maksudnya prestasi menurun itu ip yg turun atau gmna ?

    • Di scholarship table nya sih dibikin minimum GPA yg harus didapet tuh berapa untuk tiap kategori beasiswa. Prestasi menurun itu kalo GPA kumulatif dibawah dari yang seharusnya di dapet. Setau aku sih ga sampe yang harus bayar 50% uang semester, cuma kaya di panggil sama akademik dan kena sanksi aja sih harusnya tapi aku kurang tau juga tuh sanksi macam apa yang berlaku.

  14. Haii ka seneng banget deh liat postingan kka ..
    Knalin aku annisa dari manado,ka aku dpt beasiswa kategori 2 brsan tpi aku msh bingung mau ambil apa enga soalnya uang kuliaahnya msh lumayan bnget hehehe ..
    Mnrt kaka keuntungan msk ke PU itu apa ya? Trus enak ga disna? Aku pengen banget kuliah di PU tpi msh ragu hehe agak takut sih krna jauhh dari rumahhh huhuhu 😂

    • Hi annisa,
      Congrats!! umm.. apa ya.. kalo aku paling suka dr PU sih dr segi akademiknya, kurikulum sama dosen2nya bener2 bagus. Lingkungannya juga ga aneh2. Kalo enak engganya sih relatif, kalo bagi aku sih so far masih enak2 aja. Aku juga anak rantau kok, dan ga sesulit yang dibayangkan kok hidup jauh dr orang tua, asal punya komitmen.

      • Hallo

        Salam kenal.
        Cerita yangemginspirasi.. boleh saya minta add ID line saya agusmaulanaid
        Rencana ada tes BEa tgl 12 di Cikarang
        Saya masih agal ragu dg kemampuan matematika saya

        Thanks

      • Hallo

        Salam kenal.
        Cerita yangemginspirasi.. boleh saya minta add ID line saya agusmaulanaid
        Rencana ada tes BEa tgl 12 di Cikarang
        Saya masih agal ragu dg kemampuan matematika saya

        Thanks

  15. Kalo pas ngeklick acc letter,tulisamnya hasil kita belom dipublished berarti itu emang belom keluar apa ga dapet ya?😂

Leave a Reply

