A Stairway to The College

On this 3rd year of High school,the last semester to be exact..

gue mulai ngerasa bingung milih jurusan buat perguruan tinggi nanti. Fokus bener-bener kepecah belah. Di semester dua ini hampir seluruh waktu terkuras. Ya tapi however gue masih aja sempet buat twitteran,ngeline bareng anak kelas,dan ngeblog (walaupun udah lama ga kesini). Dan jadwal sekolah juga kayanya gamau kalah sama UN PTN buat bikin siswa stres. Sekarang jadwal sekolah udah tumpang tindih. Hampir ga ada celah. Kalo dulu tiap pulang sekolah gue mampir ke bimbel buat diskusi soal-soal UN (walaupun ujungnya malah ngobek sama temen),tapi atleast gue sempat narik nafas. Belajar sambil senang-senang ngelepas penat juga. Tapi sekarang?jangankan ngerjain soalnya,ngeliat bukunya pun udah bikin ngantuk karena udah begitu banyak pelajaran yang ga terlalu penting buat UN gue hadepin sebelum nyentuh soal UN.

Jadi sekarang jadwalnya berubah jadi

07.30 masuk

10.30 istirahat

13.00-13.20 sholat dzuhur

14.05 istirahat makan siang

14.45 masuk kelas sore

16.45 pulang

Ujungnya sampe rumah paling cepet jam 6 sore. Istirahat,makan malam,trus ngantuk dan tidur. Bahkan PR pun ga kesentuh. Harusnya jam pelajaran yang engga ada hubungannya dengan UN,disemester 2 ini dikurangi aja ga sih. Kaya kesenian,b.jepang,pkn,sejarah. Semuanya satu jam pelajaran aja udah cukup lah kayanya. Lagian anak kelas juga sekarang tiap ada jam kosong pada ngerjain soal UN,ga ada lagi tuh yang namanya berhura-hura joget didepan kelas kaya dulu. Hal paling ga penting yang mereka lakuin kalo ga ada guru….tidur. Re-charge energi.

Bukannya ngeluh sih,cuma ya capenya kerasa. Ikhlas ga ikhlas tetep cape.pfttt

Dan setelah masalah UN,gue bingung sama PTN.

Di awal semester,gue udah bertekat bulat sebulat bulatnya bulat buat ngambil HI di UI atau UGM atau paling terakhir Unair. Selama setahun gue berpegang teguh sampe akhirnya sekarang goyah. Banyak alasan yang bikin goyah. Pertama gue ngerasa kalo misal engga lewat di UI atau UGM,apa gue masih tetap bersikeras buat ngejar HI?Gue tau kita ga boleh pesimis. Tapi ya namanya juga mikir kedepan,mikirin segala kemungkinan,jadilah gue mulai mikir kemungkinan-kemungkinan buruk di depan. Kalo kemungkinan baik sih gue udah siap banget lahir batin haha

Nah balik lagi ke topik. Kalo engga lewat HI UI UGM,gue mau ngapain?nangis dan kecewa udah gue blacklist. Yang sekarang gue pikirin,apa gue memang bakalan sekuat itu pertahanin HI?sampe nganggur setahun? NO. engga,engga mau. Dan karena mikir gitu,sedikit demi sedikit gue mulai buka hati ke pendapat mama yang nyaranin ngambil Farmasi. Tapi lagi-lagi,bingung.

Masalahnya,ini SNMPTN. Kalo nanti (amin) bisa lewat farmasi atau jurusan IPA apapun jalur undangan,gue ambil apa gue buang demi ngejar HI?lah kalo gitu ngapain gue ambil SNMPTN?tapi kalo engga ambil,gue mau jadi apa kalo engga punya pegangan?dan gue anak IPA jadi kalo untuk undangan,hampir 0% kemungkinan buat lewat di jurusan IPS. Walikelas juga pernah bilang buat jangan maksa milih suatu jurusan sesuai keinginan. Semuanya harus dibarengi sama kemampuan dan kemunginan buat mencapai passing gradenya. Dan beliau bilang,HI itu ga mudah. Dan gue udah harus siap sama kegagalan karena HI itu memang ga mudah. Dan bahkan mau sekeras apapun usaha,HI tetap ga mudah bagi gue. Bahkan bagi orang-orang yang udah lulus,gue yakin HI itu juga masih engga mudah bagi mereka. Walikelas semester satu dan walikelas semester dua juga sama-sama bilang kalo sebelumnya belum pernah ada satu siswa pun dari SMA gue yang lewat HI,padahal yang coba banyak.

Well  that breaks me down,a little.

Sumpah gue bingung. Bingung sama hal yang bahkan belum gue capai. Gimanapun,kalo mau sukses harus punya prinsip kan?Tapi ibaratkan gue lagi naik mobil di jalanan yang super panjang. Trus didepan ada dua jalan. jalan pertama keliatan ga berujung,tapi mulus jadi bisa naik mobil sedangkan jalan kedua berbatu,berlubang,bergunung-gunung yang mengharuskan gue jalan kaki,tapi didepannya keliatan ada laut yang -mungkin- ga terlalu jauh. Gue mesti milih yang mana? Coba jalan mulut atau coba jalan berliku?

Dan lagi,minggu nanti gue ikut tes beasiswa di President University jurusan HI. I’m still holding this dream,too much. the more than i could even plan to hold. I’m still laying on a piece of string. And i’m still hoping to pass the test and get the full scholarship. Because no matter what,HI is the only thing i’m looking for,after all. But somehow i’m begin to walk to the Pharmacy,if this dream seems too far to be reached.

Anyway..Binus juga udah buka jurusan HI sekarang. Buat yang pengen HI,udah mulai banyak tempat yang siap buat kalian guys🙂

Leave a Reply

