Rookie Group membanjiri dunia KPOP ._.

EHEM….
ini sebenernya random ga ketulungan.Gue lagi pengen ngebahas rookie group yang tiba-tiba membanjiri dunia hiburan korea.Bagus sih sebenernya,berarti makin banyak bibit unggul yang kemungkinan suatu saat bisa mempertahankan kiprah musik K-POP di mata dunia #eaaa *ngomongapasih* . Tapi kalo kebanyakan sampe tumpang tindih ga karuan juga agak annoying ya menurut gue.

Berawal dari beberapa minggu yang lalu,gue iseng nonton arirang malem-malem.nemu ‘simply kpop’.awalnya sih kece ya,ada ukiss.tapi kok makin gue tonton gue makin buta sama para penyanyinya.Serius yang gue tau cuma ukiss,apink,sistar sama infinite doang di situ.sisanya?rookie semua -__-”

Dan gue mulai sadar ada yang ga bener semenjak nonton MCountdown di chanel V *ketauan males treaming XD* .Banyak banget debut stage meeeen,dan yang debut konsepnya nyaris pada sama.sorry agak frontal,tapi beberapa memang ga nyuri perhatian sama sekali.

Nah karena itu,jadilah gue curhat di sini.Setelah gue review sejak awal tahun sampe sekarang ini,bisa di simpulin ada TOP 3 alias rookie group yang bisa di bilang mendarat dengan selamat dari gelombang newbie.bahasa gue kok agak ngaco gini sih -_- yah intinya gue mau ngasih 3 group yang gue rasa cukup punya nama di antara rookie rookie lainnya dan cukup kuat buat berdiri di industri kpop yang kejam,karena dari awal debut mereka ini udah punya konsep yang jelas dan yang paling penting beberapa dari mereka bukan cuma menyedot perhatian netizen doang,tapi juga berhasil merekrut fans yang bukan cuma sekedar suka doang,tapi bener-bener ngesupport mereka sepenuh hati #okesip
Langsung aja deh,cekidot –>

1.EXO

yaaaaa inilah Rookie Group yang menurut gue cukup mengguncang indistri kpop.Boyband yang baru debut beberapa bulan yang lalu ini bukan cuma mencuri perhatian dengan kematangan kemampuan individu tiap member,tapi juga karena konsep unik yang di suguhin.What is EXO Planet?ya itu ternyata planet yang isinya manusia kece yang tiap membernya punya simbol yang mewakili kepribadiannya.Berhubung gue bukan Exo fans,jadi gue ga bisa ngejabarin apa-apa aja simbolnya,ntar salah ngejelasin =__=

Kenapa gue milih EXO sebagai Rookie yang cukup selamat dari gelombang newbie?ada beberapa faktor sebenernya.

  1. SM Entertainment.Siapa sih yang engga tau SMEnt?kepo kelewatan sih ya kalo di zaman yang serba modern ini dengan kemajuan teknologi memadai di  sana sini tapi masih engga tau SM =__= #maksa .SMEnt itu termasuk managemen terdasyat(?) di korsel,nyaris seluruh artis yang di debutin semuanya sukses.Terlepas dari fans SMTown sendiri yang memang luar biasa,SM ini juga ga pernah main-main dalam ngorbitin bintangnya.Contoh aja BoA,TVXQ,Super Junior,SNSD,SHINee dan F(X),masing masing dari mereka udah punya nama yang ga bisa tergeser lagi di dunia KPOP.Jadi kesimpulannya dari nama aja,SM udah cukup menjamin si artis.Tapi tetep loh,selebihnya tergantung si artis itu mampu bersaing dengan artis lainnya atau engga.
  2. Teaser.nah ini agak ngebetein sebenernya ya.Dari awal kemunculan EXO ini aja,mereka udah merebut perhatian dengan puluhan teaser dengan kai yang muncul di mana-mana =__= awalnya banyak banget yang bete sama mereka.Berasa di php-in ga jelas karena teaser yang tanpa henti.Dan dari review gue,kebanyakan pada ngamuk karena teaser kai yang banyaknya nauzubillah di banding member lain.Haha,sebenernya ini daya tarik mereka juga sih.Istilahnya ya,orang-orang yang udah ngamuk itu pasti makin penasaran kan gimana music video mereka.Sehebat apakah sampe teaser perpuluh-puluh gitu?WIN!!itu nilai plus buat strategi SM kali ini.Ada yang bilang mubazir SM ngebuang uang buat pulihan teaser.Bodo amat,toh gue yakin seenggaknya setengah dari seluruh uang yang di keluarin SM buat exo udah balik.setengahnya lagi?bukan urusan gue.
  3. Kai.Kenapa gue masukin nama Kai?karena ini bocah sebenernya punya andil besar dalam menarik perhatian publik.Gue berani taruhan banyak pake badai yang benci si kai ini karena teaser.but who cares?toh buktinya yang benci itu malah jadi penasaran banget sama kai karena kemunculan dia dimana-mana(?).Gue juga awalnya kesel sama dia,tapi gue juga ga ragu buat ngakuin kalo kemampuan dance dia itu bukanlah level seorang ‘rookie’.Itulah nilai plus si Kai ini.itu juga yang mungkin jadi alasan SM ngefokusin beberapa teaser buat dia.kurang lebih kaya SM tuh pengen pamerin Kai ke publik dan nunjukin kalo SM punya segudang manusia dengan badan tak bertulang *jago dance maksudnya -_-* *iyain aja sih*
  4. Konsep.Dari konsep aja EXO udah menang jauh dari rookie yang lain.Oke,ini menurut gue ya.Mereka debut dengan music video yang awalnya pake cerita yang panjang.Sejenis kaya dongeng yang sampe sekarang kalo gue nemu selalu gue skip lol. Konsep ‘EXO Planet’ dan simbol para member itu udah cukup megang banget sebenernya.Di tambah lagi mereka di bagi dua,itu yang bikin mereka beda.jadi EXO K yang pasarnya di korea dan EXO M *mandarin* yang pasarnya di China.Kalo SJ punya SJM sebagai Subgrup china,nah EXO ini Grup yang di subgrupkan.ngerti?gue engga.Jadi ceritanya EXO itu grupnya,EXO K sama EXO M itu subgrup.Tapi EXO itu bukan grup resmi yang di debutin,tapi cuma nama doang.aaah ribet,bodo deh mau ngerti atau engga.
  5. Rumor.rumor?kenapa rumor?siapa rumor?penyanyi butiran debu?stop ini melenceng.ini bukan rumor atris indonesia itu ya,ini rumor alias berita angin yang populer di kalangan kpoppers.Awal munculnya EXO ini aja,udah ada rumor yang bilang mereka di siapin buat ngegantiin TVXQ sama SJ.So what?percaya gitu?gue sih engga.TVXQ dan SJ itu udah cukup punya posisi yang kuat,mau di geser pake traktor(?) juga ga akan bisa.Ga mungkin juga SM nyiapin artis buat bunuh artisnya sendiri kan ya.Gue sendiri yakin SM nyiptain EXO buat generasi penerus TVXQ dan SJ.dan kenapa harus marah?TVXQ dan SJ juga di ciptain buat jadi generasi shinhwa dan kawan-kawannya kan?waktu itu jalan men,dunia KPOP ga akan bisa bertahan kalo engga ada generasi baru yang berusaha pertahanin KPOP.Dan rumor inilah yang cukup bikin EXO terkenal.Percaya ga percaya,anti fans yang bermunculan makin bikin mereka jaya.Sekali lagi,gue bukan EXO fans,jadi gue liat hal ini dari segi netral.Trus ada lagi rumor yang bilang mereka ngatai-ngatain seniornya lewat akun jejaring sosial.Ada yang bilang ini bukan rumor,tapi fakta.yaudah sih,gue ga minat ngurusin urusan begituan,jadi gue bodo amat.Yang bisa gue simpulkan dari rumor-rumor itu adalah….mereka makin terkenal.prok prok prok.

nah itu dia faktor-faktor yang bikin EXO jadi rookie yang fenomenal.Selain mereka berasal dari kalangan SM Family,mereka juga punya kemampuan.Dan setiap artis itu pasti punya daya tarik,itulah alasan yang bikin mereka punya fans.

EXO K

EXO M

2.Nu’est


tadaaaaaaaaaaaaa…yang kedua adalah Nu’est.Grup bentukan Pledis Entertainment ini cukup bikin gue kaget.Kenapa?karena baru beberapa hari setelah lagu ‘face’ keluar,TL gue gempar.Jarang-jarang loh ada rookie yang bisa secepet itu di terima.Dan lagu ‘Face’nya langsung jadi hits dimana mana.Dari review gue sendiri,nu’est termasuk rookie yang selamat dari badai newbie.*tadi katanya gelombang,ini kenapa jadi badai?*  *suka suka gue dong*.kenapa gue bilang selamat,karena sejauh ini di antara rookie lain*selain EXO ya*,nu’est ini cukup narik perhatian.Ada beberapa faktor juga yang menurut gue udah bikin mereka selamat dan dapat pengakuan sebagai rookie di industri idol group.

cekidot lagi –>

  1. Konsep.yaaaakkk,konsep yang jelas memang penyelamat bagi kaum rookie.Bayangin aja kalo sebuah grup debut dengan konsep ga jelas,asal bisa dance doang.Syukur kalo membernya kece,nah kalo engga,yaudah tenggelam sama rookie yang lain.Dan disini nu’est menang.Selain menganut konsep ‘remaja-ABG-gaul-tapi-alim(?)” mereka juga menggebrak(?) dunia KPOP dengan lagu yang berisi kelakuan ABG sehari-hari dan kemanusiaan yang adil dan beradab.ini gue sebenernya juga ga ngerti apa yang gue omongin,ya intinya mereka itu nge-ABG banget.
  2. Face & Action.Itu dua-duanya judul lagu mereka.Face dengan ‘masalah’ bullying yang populer di kalangan remaja sok-gaul-sok-kece-padahal-norak dan action dengan ‘masalah’ confidance-bullied dimana banyak remaja yang terlalu banyak mikirin perkataan orang sampe kepercayaan dirinya hilang dan remaja yang tukang kritik orang padahal dia sendiri juga ga bagus-bagus banget.Dapet intinya?nah itu dia yang memperkuat konsep nu’est.Mereka punya jati diri yang bikin mereka berdiri di antara rookie yang lainnya.Dan dari segi ‘face’ dan ‘action’,mereka juga punya wajah yang menjual dan kemampuan dance yang ga-asal-goyang.
  3. REN.Haha..ini sebenernya point paling pentingnya.ga penting-penting banget tapi penting(?).Ren itu member yang sebenernya adalah alasan di balik Nu’est jadi bahan pembicaraan.Buat yang gatau Ren,cari noh di gugel.Pertama kali ngeliat ‘Face’,gue shock ngeliat penampakan cewe-yang sebenernya-cowo yang ternyata namanya REN.Awal ngeliat gue langsung istigfar “astaga itu cowo kloningan cewe apa ya,atau transgender? -__-” sumfeeh cantik banget.Agak mirip krystal F(X),tapi lama-lama gue liat malah mirip jia Miss A,dan ternyata jatuhnya malah mirip Tao EXO =___= suaranya juga mirip kevin ukiss,seksi-seksi manis gimana gitu *abaikan*.Wajah cantiknya itu yang jadi perbincangan hangat di kalangan kpoppers,terutama fangirl.kadang hidup itu memang ga adil.Di saat cewe sibuk ke salon biar cantik,eh cowo cuma pake bedak asalan gitu malah cantiknya ngalahin miss universe =______________= Ren ini bisa di bilang Heechul’s generation.Muka sengak,cantik tapi garang dengan bibir seksoynya itu memang ngegambarin heechul banget.Ren,lo bener-bener -___-

Jadi menurut gue itu faktor-faktor yang ngebantu Nu’est selamat dari badai.ia badai.kenapa ga gelombang?gue maunya badai.

3.JJ Project

jeng jeeeeeeeng..ini dia rookie group yang cukup di terima publik.mereka adalah…2 bocah polos yang joget-joget goyangin pantat di Music video ‘Bounce’😄

Sebenernya agak ga cocok di bilang rookie group karena mereka ini Duo alias berdua doang.tapi kan grup juga,jadi iyain ajadeh.

Ada beberapa faktor juga yang bikin mereka naik daun,apakah itu?yuk di cek *melambai*

  1. JYP Entertainment.Sejenis dengan EXO,JJ Project ini juga berada di bawah naungan management besar korea yaitu JYPEnt.Entertainment dengan segudang artis ini juga nyaris ga pernah gagal dalam ngedebutin artis baru.Dari segi nama udah menang,dari segi perhatian publik juga udah menang.Secara JYP termasuk entertainment yang di anggap surga banget sama netizen all over the world.Sok iya banget gue nyampur-nyampur bahasa -_- Jadi dari segi nama,JJ Project juga udah punya jaminan kuat.ya selebihnya tetep aja,kalo mereka ga pinter-pinter bersaing,mereka bakalan di tendang ke lautan newbie sama rookie yang lain.lah kenapa jadi lautan?suka suka gue ya ampun =.=
  2. Dream High 2.Siapa yang engga tau Dream high hayooooo?masih ada yang gatau?anak alay aja tau loh,kan udah tayang di ikan terbang *dziiiing*.Kenapa gue masukin Dream high 2?yang udah nonton pasti tau kenapa.Karena duo JJ alias JB dan JR ini udah duluan debut sebagai aktor di drama itu,jadi bisa di bilang mereka debut sebagai penyanyi lewat jalan yang udah di buka duluan sebagai aktor.gitu…iya gitu.Point ini yang bener-bener berperan dalam kesuksesan debut JJ Project,menyelamatkan dua bocah tak berdosa itu dari serbuan newbie lainnya.Jangan protes kenapa gue pake serbuan.Suka suka gue.Eh btw,dari awal gue nonton DH gue langsung mati di tangan(?) JB,dia mirip banget sama mochi gueee.ga tau mochi?kepo -_- mochi itu henry.henry itu member SJM.SJM itu subgrup SJ.SJ itu artisnya SM.SM itu..oke stop.
  3. Duo.Duo?kenapa duo?apa salah si duo?maaf,duo itu bukan nama orang.Di sini kenapa gue nyebut ‘Duo’ di dalam point penyebab mereka selamat adalah karena itu yang bikin mereka beda.Di tengah-tengah rookie yang debut dengan jumlah banyak,JJ Project malah debut berdua doang.Dengan dancer juga sih sebenernya,tapi kan yang nyanyi cuma mereka jadi anggaplah di panggung mereka cuma berdua.Itu juga point plus plus yang bikin mereka di terima.Netizen langsung bisa nangkep konsep di balik manusia tampan itu di banding rookie lain yang debut dengan kostum nyaris sama,lagu yang jenisnya nyaris sama,dan muka yang juga nyaris sama #ehh

Itulah point yang membantu JJ Project keluar dari penjara(?) dimana newbie lainnya masih terkurung.Lagunya juga asik.Awal denger memang agak ribut,tapi kalo di denger berkali-kali jadi asik kok.Apalagi kalo lo ngeliat music videonya,terutama di bagian JJ joget pantas.asik banget (?) lol
nah,jadi menurut review gue,dari sekian banyak yang debut,itu TOP 3 yang bener-bener selamat.Rookie lain ada juga sih yang terkenal,tapi cuma di beberapa kalangan doang dan konsepnya juga masih labil jadi netizen cuma ngikutin lagunya.kalo lagu bagus,donlot.lagu jelek?tinggalin.Jenis yang kaya gitu belum berhasil selamat menurut gue.Tapi ya namanya juga artis,nasib-nasiban hidupnya.Kalo debut kurang ngena di hati,bisa aja di next album mereka malah ngelumpuhin seluruh chart,ya kan?ga ada yang engga mungkin,karena roda hidup terus berputar.Jadi ya kalo lo suka sama satu artis,jangan ganti fandom cuma karena ada yang lebih populer,trus balik lagi waktu si artis itu terkenal.Lo bakal ngerasain nikmatnya masa-masa fangirling kalo lo ngikutin perkembangan artis yang lo suka dari masa sulitnya sampe masa dia bener-bener terkenal : )

jadi yaaa segitu aja deh ya,jari gue udah kriting kaya rambutnya chanyeol -__- jangan bunuh gue kalo ga setuju dengan review ini ya,gue masih pengen hidup.Gue belum menuhin janji buat nerima lamaran kyuhyun soalnya ……………….. *menghilang*

2 thoughts on “Rookie Group membanjiri dunia KPOP ._.

Leave a Reply

